Selasa, 25 Desember 2012

Apa Itu Ucid Dream ?


Pernahkah kalian suatu kali merasa bahwa kalian bisa mengendalikan mimpi? apakah yang kalian rasakan? apakah mimpi itu terasa sangat nyata ?.Bahkan mungkin kalian bisa mengatur skenario mimpi kalian sendiri dari awal sampai akhir atau mungkin agan pernah merasakan hebatnya sensasi pengalaman terbang di alam mimpi,bahkan menghadirkan sesosok manusia lawan jenis yang kalian suka dan puja-puja tentnya.
Itu semua bukan masalah bahwa kalian punya kelainan atau punya kekuatan supranatural. Sebenernya fenomena diatas semua adalah kejadian normal dan bahkan semua manusia di dunia bisa melakukannya,entah itu secara bakat atau teknik. Fenomena tersebut sering di sebut dengan istilah Lucid Dream.
Lucid Dream adalah keadaan dimana kita sadar kalau kita sedang bermimpi. Dengan kata lain, tujuan penelitian ini adalah membuat seseorang dapat masuk ke keadaan lucid dream secara sadar dan sesuai keinginan. lucid dream, berasal dari kata pertama yaitu lucid yang berarti terang, dan jika disatukan dengan kata dream menghasilkan arti "mimpi yang terang". kenapa disebut mimpi yang terang?, karena visual yang anda rasakan akan lebih tajam dan cerah warnanya, audio yang anda terima lebih tinggi kualitasnya, dan indra peraba akan lebih sensitif. begitu juga dengan indra yang lain.
ke lima indra tersebut bahkan bisa menjadi lebih peka daripada saat digunakan di dunia nyata, anda dapat merasakan bagaimana menjadi seorang indigo tanpa belajar keras. Lucid Dream terbagi dua diantaranya yaitu :
Dream Initiated Lucid Dreaming (DILD) adalah keadaan saat kita sadar kita sedang berada dalam mimpi saat sedang di tengah mimpi. Ini lebih sering terjadi, dan ini lebih ke arah kebetulan.
Wake Initiated Lucid Dreaming (WILD) adalah keadaan lucid dream yang disengaja.
Kemampuan untuk mengalami dan mendapat lucid dream dapat digali dengan cara dasar. Cara – cara tersebut adalah :
Dream Recall.
Ini adalah teknik paling dasar dan harus dilakukan terus menerus. Sediakan pensil dan kertas di sebelah kasur kita, dan setiap kita bangun tidur, langsung catat apapun yang teringat dari mimpi kita. Banyak orang sulit mengingat mimpi, cara ini akan membiasakan otak untuk mengingat mimpi. Dream Recall juga akan membantu memperjelas Lucid Dream.
Makan Pisang.
Serius. Pisang mengandung banyak Tryptophan dan Vitamin B6 per gramnya. Tryptophan, akan diubah menjadi Serotonin di otak, dibantu oleh Vitamin B6. Serotonin adalah zat kimia yang mengatur mood, ingatan jangka pendek, dan MIMPI di dalam otak. Beberapa bahan makanan lain mengandung Serotonin cukup banyak, misalnya tomat dan kacang. Tapi serotonin sulit diserap oleh otak, karena terhalang oleh blood-brain barrier yang melingkupi otak. Coba makan banyak pisang tiap hari, terutama setelah makan malam.
Wake-Back-to-Bed (WBTB)
Ini adalah teknik untuk berusaha langsung masuk ke fase REM (Rapid Eye Movement), yaitu fase tidur saat terjadinya mimpi. Tidurlah dalam keadaan lelah, kemudian bangun 5 jam kemudian. Untuk orang yang kesulitan sadar sampai hypnagogic state, bisa juga menggunakan cara ini: pasang jam weker/minta orang bangunkan 1/2 jam-1 jam setelah kita mulai berusaha tidur.
Apapun dapat anda lakukan di alam mimpi, tinggal niatkan saja. lucid dream tidak berbahaya dan aman untuk sarana penjelajahan kreasi karena tidak mengandung unsur mistik. semua hanyalah improvisasi alam bawah sadar untuk melakukan replay dan recall sensasi yang pernah dialami di dunia nyata. sensasi itu dapat di bangkitkan dengan kreatifitas imajinasi anda. (Ade Priyono)

Sumber :
http://n-da.net/pengalaman-aneh/mengendalikan-mimpi-aka-lucid-dream-pengalaman-pribadi-nda.html
http://redtobered.blogspot.com/2012/04/pengertian-lucid-dream.html
http://angelofguitar.wordpress.com/metamorfosis/lucid-dream/
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013471645
http://indonesiaindonesia.com/f/71999-menguasai-dunia-mimpi-pengertian-lucid-dream/
Sumber Gambar:
http://www.husmeandoporlared.com/2012/10/7-increibles-datos-que-deberia-conocer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar