Jumat, 16 November 2012

Bahaya Flouride



Setiap hari kita menyikat gigi pada waktu pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur .Tentunya kita setiap hari melakukan kegiatan tersebut dari kecil sampai dewasa sekarang. Kebiasaan tersebut patut ditanamkan sejak dini sebagai pola hidup sehat. Namun kita harus waspada dengan pasta gigi yang kita gunakan setiap hari.
Pada umunya pasta gigi ada beberpa jenis ada yang mengandung flouride dan tidak. Berdasarkan riset Flouride yang ditambahkan pada pasta gigi bisa menimbulkan osteoporosis dan kerusakan sistem syaraf. Pasta gigi mengandung berbagai jenis flouride. Flouride yang banyak digunakan adalah jenis sodium monoflouro fosfat (MFP) dan sodium flouride (NaF). Dari beberapa jenis pasta gigi kandungan flouride yang paling besar terdapat pada pasta gigi anak yaitu antara 800-1500 ppm. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena batas penggunaan flouride pada pasta gigi yaitu berkisar 250 – 500 ppm.
Pasta gigi yang tidak sengaja tertelan saat sikat gigi secara tak sengaja melalui air ludah bekas sikat gigi yang kerap memicu kasus overdosis flouride dan menimbulkan gangguan seperti banyaknya pengeluaran ludah, tumpulnya indera perasa di sekitar mulut sampai gangguan pernafasan bahkan kanker.
 Flouride telah di teliti banyakpakar kesehatan dan ternyata flouride mengandung bahan berbahaya bagi tubuh. Flouride tidak hanya di gunakan pada pasta gigi saja air minum kemasan, suplemen, tablet, obat tetes, permen karet bahkan pembuatan racun tikus bahan utamanya adalah flouride. Di dunia medis juga telah mengetahui jika flouride digunakan sebagain obat anti depresan, yang menghilangkan agresifitas dan motivasi manusia,termasuk menurunkan hasarat untuk berkembang biak.
Fouride merupakan campuran bahan pembuat bom atom diamana flouride adalah komponen ion dari kimia flourine. Flouride bersifat organik dan anorganik yang mengandung elemen flourine. Zat flouride dapat bersenyawa dengan elemen atau radikal lainya seperti hydroflouric acid (HF), sodium Flouride (NaF), calcium flouride (CaF2) dan uranium hexaflouride (UF6). Dan UF6 sendiri dalah bahan pembuatan bom atom.
Bahaya Flouride bagi kesehatan diantaranya yaitu : kerusakan sistem berpikir, kebutaan , penuaan dini, aborsi spontan, kemandulan, kerusakan otak, keretakan pada tulang pinggul, osteoporosis dan gangguan sistem syaraf dan sistem kekebalan tubuh.
Dari pernyataan tersebut tentunya kita harus berhati – hati dan memilih produk yang tidak mengandung flouride secara berlebih untuk mengurangi resiko bahaya flouride terhadap tubuh kita.
Usuhakan setelah sikat gigi berkumurlah yang banyak dan sesering mungkin dan jangn membiarkan pasta gigi tersisa di mulut. Pastikan juga saat menyikat gigi, berkumurlah kuat minimal sebanyak 5 kali. Hindari makan setalah meniyakat gigi, aktivitas makan sebaiknya 1 hingga 2 jam setelh menyikat gigi. Apabila khawatir penggunaan pasta gigi berflouride dalam jangka panjang akan membuat flouride akhirnya sedikit demi sedikit masuk kedalam tubu kita maka gunkanlah pasta gigi tanpa flouride yang lebih aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar